Rabu, 28 Desember 2011

GPS GRATIS DI PC/LAPTOP ( GARMIN MOBILE PC )

setelah saya share aplikasi untuk membuat logo kapal.
hari ini saya mau share gimana cara dapetin GPS di PC/laptop agan-agan semua.bagi pelaut tentu tidak asing dengan alat navigasi yang satu  ini dimana selalu menyertai perjalanan agan dilaut.tapi kali ini saya mau menampilkan GPS pada laptop agan sacara gratis,dan tentunya baru bisa saya pakai dengan pakai peta darat bukannya blue chart ( peta laut ),semoga nanti dapat cara biar bisa dipakai juga dengan blue chart nya.
nah karena caranya agak panjang,harap agan-agan memperhatikan step demi stepnya.
terus  apa aja sich yang diperlukan biar software ini bisa jalan di lepi agan?

1. HP nokia dengan fitur GPS
contoh : saya pake Nokia 6110 Navigator 

" HP ini akan jadi Receiver GPS satelite untuk laptop agan "











2. Bluetooth USB
           
                " Bluetooth Ini buat koneksi antar HP ke LAPTOP, Beli cuma Rp.25000"
                    






3. Aplikasi buat di HP , namanya EXTGPS bisa didownload disini 
Extract dengan winrar,baru buka .jar filenya
password : plaut-plaut.blogspot.com

4. Software Garmin Mobile PC 5.00.7 , silakan Downlaod disini 
 
setelah selesai downloadnya langsung di extract pakai winrar/ IZArc.

5. Peta Indonesia buat Garmin Mobile PC


kalau semua sudah disiapkan,pertama-tama jangan lupa kopi,gorengan & rokok ( not recomended ) biar gak penat nantinya hehee,,,,

oke,saya jelaskan cara-caranya secara rinci + gambarannya biar agan2 bisa gak salah nantinya

Step 1 : 
1.1 kita install dulu software EXTGPS di HP agan ( tentunya HP yang punya fasilitas GPS ) yang tadi di atas udah agan download.

1.2 terus colokin Bluetooth USB ke Laptop & aktifkan bluetooth di HP dulu,baru jalankan aplikasi tersebut, kaya gambar dibawah ini :

               

             








 " Kalau Satellite nya sudah hijau,itu tandanya udah connect ke satellite "









step 2 : 
2.1 sekarang kita install Garmin Mobile PC nya,agan tinggal buka folder hasil extract file yang didownload tadi terus Double klik file MAIN.msi
instalasi akan berlangsung,hal yang terpenting agan perhatikan dimana program ini terinstall,kalau punya saya di Local Disk(C:)/GarminMobilePC.jadi biar nanti gak cari-cari lagi.


2.2 kalau Garmin Mobile PC sudah terinstall sekarang kita aktivasi dulu.masuk ke garminnya,pada saat pertama kali masuk anda akan diminta tiga pilihan yang menyatakan apakah agan punya kode aktivasinya :
- pilihan  " YES " untuk yang udah diaktivasi
- pilihan " NO " untuk memasukan kode dari CD software
- Pilihan " FREE TO TRAIL " kalau cuma mau coba


nah kita pilih  " YES " Saja.klik next,next,dan next terus sampai keluar homepage software ini.jangan ditutup dulu softwarenya yah.


2.3 nah langkah selanjutnya adalah agar Garmin bisa connect ke satellite dengan bantuan HP kita :
2.3.1 kita hack dulu softwarenya : pertama buka folder download garmin tadi diatas

terus jalankan Keygen 1.5.exe,seperti gambar diatas.selanjutnya cara unlock garminnya seperti gambar dibawah ini :

* cara untuk melihat software unit ID : klik Settings >> About
* perlu di ingat setiap software unit ID masing-masing perangkat berbeda,jadi masukan sesuai dengan software unit ID pada GMPC agan.



lanjut lagi cara save kode yang didapat dari unlock generator tadi di notepad,silakan ikuti gambar dibawah ini




yang perlu diperhatikan adalah file sw.unl harus disimpan di folder dimana tempat agan-agan install Garmin Mobile PC tadi,karena ini file unlock device GPS reciever nya.
so,jadi gimana biar tahu device receiver nya disetujui sama GMPC(Garmin Mobile PC ) dalam hal ini ya HP kita.
sekarang cara remote device biar ke HP agan berikut penjelasannya melalui gambar :

1. Bluetooth antara PC Dan HP harus sudah CONNECT 



pada tab paired device diHP kita set laptop/PC kita sebagai SET AS AUTHORIZED,seperti gambar diatas.ini bertujuan bila laptop kita langsung connect gak perlu otoritas lagi dari HP kita.


2. Set Remote GPS
masuk ke homepage GMPC,klik SETTING




terus klik SYSTEM



terus klik Remote GPS


nah sekarang GMPC akan secara otomatis mendeteksi perangkat GPS yang terhubung ke Laptop (baik melalui bluetooth/USB)
bila tampilan di laptop dan HP kita seperti ini :



maka GMPC berhasil mendeteksi GPS receivernya.
kok tau?silakan cek dipojok kanan homepage GMPC nya akan terdapat sinyal GPS,seperti gambar berikut :

step 3 :

sekarang GMPC agan bisa connect ke satellite,tapi itu belum cukup.gimana tahu posisi kita dimana kalo gak ada petanya??

nah untuk peta-nya sudah disediakan gratis dari navigasi.net tapi ini cuma untuk peta indonesia ya.
agan download dulu petanya disini  :

 
petunjuknya download petanya :


kalo agan udah selasai downloadnya,ini caranya masukin petanya ke GMPC.
3.1. Klik dua kali File hasil Download tadi ( navnet_garmin_v218.exe ) dan proses extract akan berlangsung.
perhatikan lingkaran merah,itu adalah folder tempat anda akan menyimpan & meng copy paste kan petanya kedalam GMPC.lanjutkan dengan klik next.


lanjutkan sampai proses tersebut selesai.

3.2.  selanjutnya kita cari dan masukan peta hasil extract tadi.contoh pada laptop saya tersimpan di : Local Disk(C:)\MyMaps\Navigasi\v211
lalu cari file bernama gmapsupp.img ( ini lah File Petanya ) >> copy paste pada folder dimana GMPC di install








oke,sekarang agan sudah punya software GPS di Laptop Agan secara gratis,seumur hidup!!!!!!
Tampilan final :



sekian dulu dari saya,semoga bermanfaat.
JALES VEVA JAYA MAHE





5 komentar:

  1. kenapa punya saya peta nya tidak mau kelihatan gan. padahal sdah copas sperti cntoh

    BalasHapus
  2. Kalau di laptopku udah ada bluetooth apa harus beli usb bluetooth?? Dan kenapa komputer saya tidak bisa mendeteksi hp saya? Mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  3. Waaaahhhh,, Mantap Gan .. Udh punya Garmin nih .. hehehe .. thx a loooottttt ...

    BalasHapus
  4. problem gan bluetooth nga mau conek,apa ada solusi lain

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak Gan... Atas informasi yang berguna smoga agan mendapatkan kesuksesan yang berlebih atas informasi dan pengetahuan yang telah diberikan lewat blog ini..... Sekedar menjawab pertanyaan teman-teman diatas kalau bluetooth gak mau berarti ada kesalahan setting baik dibluetooth pc maupun hanphonenya (Rudi Himawan)... klo untuk peta yang gak mau muncul silahkan download dulu petanya bakalan muncul kok (Anonim)... klo udah ada bluetooth dilaptoo gak perlu beli lagi ane juga pk lapie bisa kokpk bluetooth internalnya (Andre Nugroho)....

    BalasHapus